Halaman

Kamis, 12 April 2012

FAMILY

Haloo, udah lama ga ketemu.. Hehe..
Akhir-akhir ini banyak banget yang saya pikirin. 
Jadi, yang pertama melintas begitu saja. Seandainya ada sesuatu hal terjadi dengan saya dan kondisi mata saya masih bagus, bolehlah saya donorkan bagi dia yang membutuhkan. Entahlah, saya ingin deh, apa yang saya punya itu pada akhirnya dapat membahagiakan orang.
Sebelum itu, saya ingin membahagiakan keluarga. Ya, keluarga.

Saya kangen sama ortu, emak-bapak. Si Bapak itu tipe bapak teladan sebenarnya. Si Mbah Kung pernah cerita kalau bapak itu orang yang kuat. Tiap kali nggak berhasil, dia bangkit lagi demi keluarga. Waktu apotek bangkrut, dia bangkit lagi. Dia bikin usaha obat tradisional dari cacing. Meski hasil ga banyak, dia tetap aja usaha. Dia nggak pake ngeluh, ga pake marah-marah kepada anak-istri kalo lagi mumet. Ah, dia okelah. Pengennya saya kalau udah kelar kuliah ini, dapet kerja en kasih apa yang bapak suka. Oia, si bapaklagi nyoba usaha jamur karena obat cacingnya sekarang udah banyak saingan. Behh, obat buatan babe itu yang pertama lho di Lampung.. Ciiiee...

Kalo si emak, saya salut banget. Emak lahir di keluarga yang keras karena Mbah Kung itu veteran ABRI. Hubungannya adalah gaya pengasuhan si Mbah Kung yang otoriter lalu menerapkan corporal punishment ; nyubit, nyabet, mukul,bla bla... Mbah Kung tegas dan disiplin banget. Kalau nggak suka, ya nggak suka. Nah, dari saudara-saudara kandung mama, mama paling beda. Kebanyakan dari mereka itu suka menerapkan corporal punishment juga kepada anaknya. Selain itu,ada yang cuek-cuek aja. Nah, si emak ini nggak mau mukul anaknya. Dia punya pemikiran yang sama dengan saya. Jangan sampai anakku merasakan hal pahit yang sama dengan aku. Begitu, jadi dia sebisa mungkin ga pake kekerasan. Nah, kebukti. Babe mah pernah nyabet saya satu kali gara-gara saya kelewatan juga sih. Hehe.. 
Kedua orang tua saya itu asyiknya gampang banget diajak diskusi. Jadi, ga ada cekcok gitu. Bapak meski sedikit keras kepala, juga nggak pernah melarang saya. Saya terbiasa hidup bebas dengan tanggung jawab. Saya nggak pernah dilarang apa-apa, asalkan.... nilai bagus, bisa jaga diri, berkembang,....

Saya nggak pernah dipaksa belajar. Disuruh sih, iya, tapi saya kompromi. Ah, tenang ma. Aku nggak suka belajar, wkwk.. Eh, ya udah jadi si emak mah biasa lihat saya nggak belajar, toh nilai-nilai lumayan aja.. <-- (Itu dulu...jaman sekolah..) Yah, tapi kalau saya sudah kelewatan, ya ditegor. Tapi, pernah ga, ya? Soalnya jaman SD sampe SMA tiap pulang sekolah pasti cerita--apa aja. Nah, jadi perilaku saya masih aman karena masih dalam pengawasan ortu. Ehhhmm.. setelah dijabarin gini, kira" gaya pengasuhan apa yaaa...? Hehe...

Saya dekat dengan mereka, yah 50-50lah kurang lebih. Nggak ada yang paling deket. Biasalah, anak tengah.. wkwkwk... Saran ya buat anak tengah biar kedudukan di keluarga itu seimbang, kita harus aktif dan asertif. Kalau ada salah satu orang tua yang kira-kira pilih kasih ke saudara yang lain, bilang. Kadang, orang tua itu nggak bisa mengontrol luapan kasih sayang. Misal, anak pertama perempuan-->bapak. anak bungsu laki-laki --> emak. Nah, gue? Saya merasa waktu itu mama lebaai banget ke adek, Andre. Saya langsung bilang, 'Ma, mama ini pilih kasih banget sih, ke Andre'. Ya emak ngelak lah, bilang nggak. Tapi, ketahuan lama-lama emak nggak terlalu nurutin Andre. Tuh kan, orang tua kadang nggak merasa memberikan luapan sayangnya yang lebai ke Andre, en bisa bikin saya ngiri. Setelah itu, keadaan menjadi lebih baik. Andre tidak terlalu manja untuk ukuran anak kecil (saat itu). Setelah bicara seperti itu dan perlakuan mama sedikit berbeda ke Andre, saya biasa aja. Maksudnya, saya jadi wajar mama ngalemin adek. Gimana enggak, anak bungsu, laki-laki pula! Hahaha... 

Untunglah, sekarang dia nggak manja seperti dia waktu kecil. Saya nggak bisa bayangin kalau emak tetep manjain dia waktu dulu, mana ada Andre yang suka kelayapan ke mana-mana sendiri. Yah, begitulah keadaan keluarga saya yang adem ayem. Bikin betah dengan Bapak yang suka saya bikinin pantun, emak yang doyan permainan yang memacu adrenalin, Yopi yang super baek, dan Andre, satu-satunya orang yang punya jiwa dagang di keluarga. Luar biasa. Tuhan memang adil. Kalau ada yang nggak merasa begitu, nanti saatnya tiba di mana kamu bisa mengerti itu semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar