Halaman

Selasa, 20 Desember 2011

Pola Asuh

     Tema utama dari cerita saya hari ini adalah pola asuh.Pola asuh yang baik adalah kombinasi antara kontrol dan respon yang sesuai dari orang tua terhadap anak. Tidak selamanya orang tua dapat mengasuh anaknya dengan baik. Well, semua juga dilatarbelakangi oleh sejarah keluarga, kepribadian, pengalaman, bahkan pola pikir. 
     Pola asuh orang tua menjadi hal yang utama dalam menentukan perilaku anak. 
Meskipun banyak hal yang dapat mempengaruhi perilaku anak, seperti televisi, internet, dan teman sebaya, orang tua tetap menjadi agen utama dalam menentukan perilaku anak. Itu terjadi karena orang tua mempunyai kontrol terhadap pergaulan anak. Orang tua pula yang menentukan dengan siapa dan bagaimana anak bergaul. Itu terkait pula dengan penerapan pola asuh kepada anak. Kalau pengawasan orang tua terlalu lemah, anak mempunyai kemungkinan untuk bergaul dengan kelompok teman sebaya yang 'rusak' sehingga perilaku anak juga menjadi 'rusak'. 
     Sama seperti ketika saya meneliti seorang anak yang mempunyai gangguan sosio-emosi. Setelah diperdalam lagi, ternyata masalah utama bukan ada pada si anak,melainkan berasal dari orang tuanya. Peran dan pola asuh orang tualah yang mendorong anak untuk berperilaku tertentu yang pada akhirnya bisa menjadi karakteristik anak tersebut.
     Seperti yang sudah saya katakan di atas, tidak selamanya orang tua dapat mengasuh anaknya dengan baik. Jika sudah begini, saya bertekad akan menjadi orangtua yang baik bagi anak saya nantinya. Saya tidak sempurna, maka sedang mencari pelengkap agar kesempurnaan itu terwujud! haha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar