Halaman

Kamis, 31 Januari 2013

PERJALANAN SEJARAH


PERJALANAN SEJARAH


Kali ini saya akan menceritakan tentang perjalanan-perjalanan sejarah yang telah saya lakukan. Sebenarnya, banyak sekali pengalaman saya yang berkaitan dengan wisata ke tempat-tempat bersejarah namun baru kali ini terpikirkan oleh saya untuk menuliskannya di blog.


Awal ketertarikan saya terhadap sejarah adalah saat saya mulai mengagumi Bung Karno. Hal ini tidak lain adalah pengaruh dari Mbah Kung saya. Beliau adalah veteran PETA yang sangat menghormati sosok Bung Karno. Ada dua lukisan besar Pak Karno di rumah Mbah Kung. Ada juga gambar burung garuda dan butir-butir pancasila yang terbingkai di sudut salah satu kamar. Nasionalis sekali Mbah saya ini J.


Nah, dari situ saya mulai tertarik untuk mencari tahu tentang Pak Karno dan membaca teks pidato beliau saat di PBB yang berjudul ”Build World A New”. Sejak dari situ saya suka sekali mencari tahu tentang hal-hal yang berbau vintage ; seperti kejadian masa lalu hingga fashion. Saya pikir, sejarah itu alurnya berulang. Sesuatu yang dulu pernah terjadi mungkin akan terjadi kembali pada masa ini, selalu berulang mengikuti alur lingkaran yang tidak pernah putus. Dahulu kala kita pernah berjaya, maka suatu saat kita juga akan kembali berjaya. Jadi, bagi saya sejarah merupakan rajanya pengetahuan untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dan akan terjadi.


Well, sebenarnya saya sudah menjelejah banyak sekali candi dan tempat bersejarah di Jogja, namun kali ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke Totok Kerot, Petilasan Prabu Jayabaya, dan Goa Selomangleng di Kediri, Jawa Timur.

Memutar waktu ke belakang hanya untuk belajar. 


sumber gambar : www.google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar